Rumah PKD Kota Malang
Rumah PKD Kota Malang

Rumah PKD Kota Malang Olah Sampah Hingga 3 Gerobak Per Hari

DLHNews – Pengelolaan sampah di 18 Rumah Pilah Kompos Daur Ulang (PKD) di Kota Malang tiap harinya dapat mengolah satu hingga tiga gerobak sampah. Hal tersebut dianggap cukup bagus karena dapat mengurangi sampah dan juga hasilnya bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Joao Maria Gomes de Carvalho menyampaikan bahwa pengelolaan sampah di Rumah PKD saat ini masih terus dijalankan.

Bahkan, DLH juga membagikan secara gratis pupuk kompos dari hasil pengelolaan sampah kepada kelompok masyarakat yang secara tertulis ingin mendapatkan.

“Kalau kompos tetap jalan di Rumah PKD dan jika sudah jadi kompos kami akan membagikan secara gratis untuk masyarakat jika yang mau, karena banyak dari kelompok masyarakat yang membuat surat melalui kelurahan dan kami bagikan secara gratis,” ungkap Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 itu pada Senin (15/6/2020).

Saat ini, DLH Kota Malang akan terus menggelorakan kompos. Hal itu selain mengurangi sampah yang dikumpulkan di TPA, bermanfaat bagi masyarakat dan mengajarkan kepada masyarakat agar bijak mengelola sampah.

“Rumah PKD kita jumlahnya 18 meski belum semua, saya sudah minta kepala seksinya untuk mendata setiap hari itu berapa. Paling rata-rata setiap hari itu bisa mengolah satu sampai 3 gerobak,” jelas Joao.

 

Sumber : https://www.malangtimes.com/baca/53895/20200615/151800/rumah-pkd-kota-malang-olah-sampah-hingga-3-gerobak-setiap-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*