BERGABUNGLAH DALAM SEMARAK KEGIATAN PERINGATAN HPSN 2020 DAN PUNCAK GASS

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari 2020 dan Puncak Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS), Pemerintah Kota Malang akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang akan digelar di Alun – Alun Merdeka Malang pada 1 Maret 2020 Pukul 07.00 WIB.

Kegiatan tersebut diantaranya yaitu Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS), aksi membersihkan trotoar, mencabut paku dan stiker di pohon. Kegiatan ini diikuti oleh Perangkat Daerah, Komunitas Peduli Lingkungan, Perguruan Tinggi, Sekolah, Pengusaha, Masyarakat Umum dan Media.

Tidak hanya melaksanakan kegiatan bersih-bersih, dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 ini juga diadakan beraneka macam lomba yang dapat diikuti oleh semua kalangan dari siswa siswi TK hingga SMA dan juga dibuka untuk umum. Siapapun boleh ikut berpartisipasi dalam lomba untuk memperebutkan piagam, tropi dengan total hadiah senilai 25 jutaan. Apabila ingin berpartisipasi dan mendaftar segala ketentuan terkait kegiatan bersih – bersih dan lomba dapat dilihat pada poster yang terlampir dibawah ini :

Untuk diketahui juga sebelumnya bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dicanangkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup setelah muncul desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah Cimahi, Jawa Barat. Dimana pada tanggal 21 Februrari 2005 sebanyak 157 jiwa melayang dan dua kampung hilang dari peta dikarenakan tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.

Sedangkan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) merupakan gerakan yang di bangun guna mengatasi permasalahan sampah serta mengantisipai banjir atau genangan air yang disebabkan tersumbatnya saluran-saluran air.  GASS sendiri telah diresmikan oleh Wali Kota Malang Drs. H Sutiaji pada bulan Desember tahun 2019.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*