GASS Sungai Sedudut

RUTIN BERSIHKAN SUNGAI, KOTA MALANG GASS SUNGAI SEDUDUT

DLHNews – Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang rutin melakukan aktivitas bersih-bersih sungai. Salah satunya melalui Gerakan Angkat Sedimen Sampah (GASS) yang diresmikan tanggal 27 Desember 2019 lalu.

Kegiatan GASS ini rutin dikerjakan oleh gabungan petugas dari masing-masing Perangkat Daerah (PD) di Kota Malang setiap Jumat pagi. Puluhan petugas pun juga sigap turun langsung ke sungai untuk membersihkan sampah atau sedimen yang sering menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

Seperti pada tanggal 7 Februari 2020 kemarin, seluruh peserta giat GASS bahu-membahu membersihkan sampah dan batuan/sedimen Sungai Sedudut, Mulyorejo. Tak hanya sampah plastik, ranting-ranting pohon tampak mengendap bersama lumpur dan sedimen yang mengakibatkan aliran air kurang lancar. Para petugas terlihat sangat kompak membersihkan setiap sisi dan sudut sungai.

Tak hanya di Sungai Sedudut, pada hari yang DLH Kota Malang juga melaksanakan kegiatan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen di Sungai Tongan yang terletak di Jalan Ade Irma Suryani.

Kedepan, kegiatan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen akan rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at dengan melibatkan masyarakat agar dapat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Pemerintah Kota Malang juga menghimbau agar masyarakat dapat memilah sampah sejak dari rumah dan membuang sampah pada tempat-tempat sampah yang telah disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*