Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) di wilayah Kelurahan Penanggungan

DLHNews – Jum’at pagi tanggal 24 Januari 2020, puluhan warga bersama personil TNI dan Polri, serta Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Malang melaksanakan kegiatan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) di wilayah Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Dipimpin oleh Wakil Walikota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang, semua elemen dalam kegiatan tersebut bahu-membahu bersihkan saluran terbuka di lokasi kegiatan.

Saat hujan turun dengan intensitas tinggi beberapa titik di Kota Malang sering terjadi genangan air hingga masuk ke rumah warga dan jalan raya. Ini disebabkan saluran air atau drainase yang tersumbat oleh berbagai macam sampah seperti plastik atau sampah-sampah rumah tangga lainnya.

Dengan dilaksanakannya egiatan GASS Kota Malang ini, diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk menekan dan mencegah terjadinya banjir. Dalam kesempatan tersebut, satu unit alat berat dikerahkan untuk mengeruk tumpukan sampah dan sedimen yang menyumbat di saluran air, yang kemudian diangkut dengan beberapa minidump truck dari DLH Kota Malang.

Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen akan dilaksanakan setiap hari Jumat di titik-titik rawan banjir dan pemicu terjadinya genangan air. Pemerintah Kota Malang akan memetakan potensi atau pemicu lain yang mengakibatkan terjadinya banjir serta dicarikan solusi terbaiknya.

Selain itu, warga pun juga diberi himbauan supaya dapat membuang sampah pada tempat-tempat sampah yang telah disediakan, dan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*