Kemah Hijau Peringati Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia

DLHNews – Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan turut berpartisipasi di kegiatan Kemah Hijau (26/7) yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Kurang lebih sebanyak 400 peserta berpartisipasi pada kegiatan yang dilaksanakan di Kota Probolinggo, tepatnya di Kompleks UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Kota Malang menjadi kontingen dengan jumlah peserta terbanyak yaitu sebanyak 45 orang peserta terdiri dari siswa-siswi sekolah (SD/SMP) di Kota Malang dan pendaming/Guru.

Kemah Hijau merupakan bentuk kegiatan pembinaan, pengenalan dan penyadaran siswa dan guru sekolah terhadap permasalahan lingkungan, sehingga diharapkan mampu melakukan upaya menyelesaikan permasalahan lingkungan. Peserta kemah hijau baik guru siswa dan siswi berkesempatan mendapatkan materi-materi terkait permasalahan lingkungan seperti dampak perubahan iklim, energi alternatif, daur ulang sampah, pencemaran udara hingga perlindungan lapisan ozon dari beberapa narasumber. Diharapkan kedepannya peserta mampu menyelesaikan beberapa permasalahan lingkungan.

Kegiatan semakin meriah dengan adanya beberapa agenda kegiatan seperti Lomba Daur Ulang Kertas, Lomba Karya Vlog Lingkungan, Pentas Seni dengan tema “Biru Langitku, Hijau Bumiku” dan Gerakan Bersih Pantai (Coastal Clean Up) Mayangan. Lomba Daur Ulang Sampah Kertas (27/7), kontingen dari Kota Malang menyulap sampah kertasnya menjadi karya seni khas Malang yaitu Topeng Malang. Siswa-siswi dari beberapa sekolah di Kota Malang bekerja sama membuat karya Topeng Malang dari bahan baku kertas koran bekas. Sedangkan Gerakan Bersih Pantai (Coastal Clean Up) Mayangan (28/7), peserta kemah hijau kontingen Malang bersama seluruh peserta kemah hijau kontingen Jawa Timur bahu membahu bersihkan sampah dengan total kurang lebih 300 kg yang didominasi oleh sampah plastik.

Selain Kemah Hijau, Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan di Kota Problinggo juga mengadakan Pameran dengan tema Teknologi Ramah Lingkungan yang berlangsung hari sabtu (27/7) hingga minggu (28/7). Pameran diikuti oleh sebanyak 30 peserta dari Instansi Pengelola Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan Dunia Usaha. Stan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang sendiri menampilkan beberapa karya dari Sekolah dan Bank Sampah Malang seperti Miniatur Perahu Robot Penghisap Sampah Otomatis, Tempat Sampah yang dapat terbuka secara otomatis, karya-karya daur ulang dari botol dan sedotan plastik, karya-karya tas dari daur ulang plastik, hingga topeng dari daur ulang kertas bekas. Tidak sampai disitu, pada kesempatan itu pula, Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang membagikan voucher pada para peserta Kemah Hijau. Voucher tersebut dapat ditukarkan dengan sebuah souvenir, dengan syarat peserta harus menukarkannya dengan sampah plastik yang telah dikumpulkan.

Di puncak acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 dengan tema Biru Langitku Hijau Bumiku (28/7), Kota Malang patut berbangga dan berterima kasih kepada 13 Sekolah di Kota Malang. Pasalnya sebanyak 13 Sekolah di Kota Malang meraih Penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Berikut daftar Sekolah di Kota Malang yang mendapat Predikat / Penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 :

I. Tingkat Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah :

  1. SDN Tasikmadu 1 Kota Malang
    2. SDN Kebonsari 2 Kota Malang
    3. SDN Sukun 2 Kota Malang
    4. SD Muhammadiyah 4 Kota Malang
    5. SDN Blimbing 4 Kota Malang
    6. SDN Polowijen 1 Kota Malang
    7. SDN Sawojajar 1 Kota Malang
    8. SDN Sawojajar 5 Kota Malang
    9. SDN Tunggulwulung 1 Kota Malang
    10. SDN Kesatrian 2 Kota Malang
    11. SDN Sawojajar 4 Kota Malang

II. Tingkat Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah :

  1. 1. SMPN 8 Kota Malang
    2. SMPN 25 Kota Malang

 

Galeri Foto Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang selama mengikuti Kegiatan Kemah Hijau 2019 di Kota Probolinggo :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *