DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA MALANG BERKOMITMEN KEMBANGKAN e-MAS

 

Setahun mengimplementasikan electronic-maintenance warning system (e-MAS), Dinas Lingkungan Hidup berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem tersebut. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Drs. Agoes Edy Poetranto, MM, capaian kinerja e-MAS pada tahun 2017 jauh melampaui target yang diharapkan. Sebagai contoh, dengan penerapan program e-MAS ini, tingkat kerusakan mendadak kendaraan dan peralatan menurun sebesar 61,54%. Hal ini juga menurunkan potensi sampah yang tidak terolah sebesar 74,53% serta meningkatkan efisiensi belanja perbaikan kendaraan dan peralatan sebesar 15,1%. Dampak lain dari implementasi e-MAS ini adalah meningkatnya kinerja tenaga fungsional teknisi mesin dan pemeliharaan sebesar 100%. Hal ini dikarenakan e-MAS mengubah sistem kerja dari job order menjadi routine job.

Untuk meningkatkan kehandalan e-MAS, saat ini Dinas Lingkungan Hidup sedang memasang Global Positioning System (GPS) pada kendaraan-kendaraan operasional pengangkut sampah. Alat ini akan dikoneksikan langsung dengan sistem. Dengan adanya alat ini, maka sistem akan memantau jarak tempuh masing-masing kendaraan, penggunaan BBM dan mengevaluasi rute-rute pengangkutan sampah yang tidak efektif. Alat ini juga dilengkapi dengan panic button (tombol panik) sehingga kendaraan yang mengalami kerusakan di jalan, akan langsung mengirimkan informasi ke pusat data beserta lokasi kendaraan. Berdasarkan informasi real time tersebut, kepala UPT Perbengkelan akan langsung menugaskan tim mekanik untuk menuju lokasi dan memperbaiki kerusakan. Dengan mekanisme seperti ini, diharapkan kendaraan dapat segera diperbaiki dan beroperasi kembali sehingga tidak mengganggu jadwal pengangkutan sampah. Ke depan, sistem juga akan dikoneksikan dengan hour meter yang dipasang pada alat berat dan timbangan digital di lokasi TPA.

Dinas Lingkungan Hidup juga berkomitmen untuk berbagi dengan instansi/ daerah lain yang ingin mengimplementasikan e-MAS. Ada beberapa daerah yang telah mengajukan permohonan untuk dapat menyediakan sistem ini. Agoes berharap dengan berbagi sistem ini, pihaknya dapat membantu instansi-instansi lain yang memiliki permasalahan yang sama dalam memenej kegiatan pemeliharaan kendaraan dan peralatan.

Jika Masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut terkait dengan inovasi e-MAS ini dapat mengajukan permohonan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang melalui email dlh@malangkota.go.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *